A. Latar
Belakang
Hadis Nabi
sebagai sumber kedua ajaran Islam bukan hanya menyangkut persoalan hukum saja
melainkan keseluruhan aspek kehidupan manusia, baik di dunia maupun di akhirat
kelak. Selain sebagai sumber hukum, hadis Nabi juga merupakan sumber
kerahmatan, sumber keteladanan, dan/atau sumber ilmu pengetahuan.[1]Hadis Nabi yang telah
diterima oleh para sahabat, ada yang dihafal dan ada yang dicatat. Para sahabat
banyak menghafalkan hadis, baik secara sendiri-sendiri maupun berkelompok.[2]
Hadis Nabi
dapat terjaga dan sampai pada manusia hingga saat ini disebabkan karena adanya
para sahabat, tabi‘in, tabi‘ tabi‘in dan generasi selanjutnya yang berusaha
menjaga hadis tersebut dalam bentuk tulisan sebagai bukti penjagaan yang nyata
selain menghafalkannya. Hingga muncullah kitab-kitab yang memaparkan
hadis-hadis Nabi, kemudian muncul pula kitab yang memaparkan tentang penyampai
hadis tersebut. Demikianlah, munculnya berbagai macam kitab yang berkaitan
dengan Hadis Nabi tidak dapat dipugkiri dan patut disyukuri.
Al-Nasa>‘i>
selain menyusun karya yang memaparkan hadis, ia juga menyusun karya yang
memaparkan perihal penyampain hadis yang dikenal dengan rawi[3]. Karya beliau yang masyhur
tentang rawi adalah Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n, yang
merupakan karya yang baik untuk digunakan sebagai referensi dalam meneliti rawi
terkhusus mereka yang termasuk dalam golongan daif dan tertinggal hadisnya.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, peneliti dapat merumuskan beberapa masalah yaitu:
1. Bagaimana
biografi pengarang kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n?
2. Bagaimana
gambaran umum kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n?
3. Bagaimana
metode penulisan kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Biografi
Al-Nasa>’i>
1. Nama
dan Nasab
Beliau
bernama lengkap Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin
Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>,[4] tetapi ia lebih dikenal
dengan nama al-Nasa>’i>. Beliau lahir di Nasa>’ sebuah kota di
Khura>san pada tahun 215 H.[5] Beliau tinggal di Mas}ra,
dan di sanalah beliau menyusun kitabnya yang dikenal dengan Sunan
al-Nasa>’i>.[6] Muh}ammad bin
Ish}aq al As}baha>ni> mengatakan bahwa al Nasa>’i> meninggalkan
Mas}ra di akhir umurnya. Penyematan nama al-Nasa>’i> karena beliau lahir
di Nasa’ yang disebut juga dengan Nasawi.[7]Disebutkan dalam Mu’jam
al Buldan bahwa tersebut dinamakan Nasa’ bermula dari kisah perjalanan kaum
muslimin dalam menyebarkan agama islam.[8]Beliau adalah seorang
h}a>fiz\, imam hadis.[9]Semasa hidupnya,
al-Nasa>’i> berpuasa satu hari dan berbuka satu hari. Serupa dengan puasa
Nabi Da>wud. Al-Nasa>’i> memiliki 4 orang istri.[10]Al-Nasa>’i> wafat di
Palestina pada hari senin tanggal 13 bulan safar pada tahun 303 H pada usia 88
tahun.[11]
2.
Riwayat pendidikan Al-Nasa>’i>
Ia banyak melakukan perjalanan ke Naisabu>r, Irak, Syam, Mesir,
Hijaz dan Jazirah. Pada tahun 230 H awal perjalanannya dalam menuntut ilmu. Ia belajar
pada Qutai>bah bin Sa‘i>d, Ish}a>q bin Ra>hwi>hi, Hisya>m bin
‘Amma>r, ‘I>sa bin H{amma>d, H{a>san bin Mans}u>r al Salami>
al Nai>sa>bu>ri>, ‘Amru> bin Zura>rah, Muh}ammad bin al
Nas}ri al Maru>zi>, Abi> Kurai>b, Muh}ammad bin Ra>fi‘, ‘Ali>
bin H{ajar, Abi> Yazi>d al Jurumi>.[12]Adapun murid-muridnya
adalah, Abu> Basyi>r al Dau>la>bi>, Abu> Husai>n al
Nai>sabu>ri>, H{amzah bin Muh}ammad al Kana>ni>, Abu> Bakr
Ah}mad bin al Sunni>, Muh}ammad bin ‘Abd Allah.[13] Dan Abu> Ish}aq
Ibra>him bin Muh}ammad bin S}alih bin Sunan al-Quraisyi al-Damsyaqi>.[14]Al Nasa>’i> menuntut
ilmu di Qutai>bah pada saat ia berusia 15 tahun, dan ia belajar di sana
selama 21 tahun. Itulah awal beliau melakukan perjalanan dalam menuntut ilmu.[15]
3.
Karya-karya Al-Nasa>’i>
Al-Nasa>’i> memiliki karya tulisan yang banyak. Sebagaimana
yang dikatakan Ibn al As\i>r dalam kitab Ja>mi‘ al Us}u>l bahwa
Al-Nasa>’i> memiliki karya tulis yang banyak, baik di bidang hadis maupun
bidang lainnya.[16]
Adapun karya-karya Al-Nasa>’i> adalah sebagai berikut:
a.
تفسير
القران
b.
سنن الكبرى
c.
الجمعة
d.
خصائص
علي
e.
عمل
اليوم و الليلة
f.
فضائل
القران
g.
مناسك
الحج
h.
جزء من
حديث عن النبي صلي الله عليه وسلم
i.
إملائاته
الحديثية
j.
تسمية
فقهاء الأمصار من أصحاب رسول الله صلي الله عليه وسلم و من بعده من أهل المدينة
k.
تسمية
من لم يرو عنه غير رجل واحد
l.
التمييز
m.
الجرح
و التعديل
n.
شيوخ
الزهري
o.
الضعفاء
و المتروكين
p.
الطبقات
q.
الكني
r.
المجتبي
s.
مسند
علي بن أبي طالب
t.
مسند
إبن جريج
u.
مسند
حديث الزهري بعلل و الكلام عليه
v.
مسند
حديث سفيان بن سعيد الثوري
w.
مسند
حديث شعبة
x.
مسند
حديث الفضيل بن عياد وداود الطاءي, و مفضل بن مهلهل الضبي
y.
مسند
حديث مالك بن أنس
z.
مسند
حديث يحي بن سعيد القطان
aa.
مسند
منصور بن زاذان الواسطي
bb.
معجم
شيوخه
cc.
معرفة
الإخوة و الأخوات
4.
Penilaian ulama’ terhadap Al-Nasa>’i>
Para Imam H}adi>s| mengatakan ia s\i>qah.[18]Adapun
para ulama kritikus h}adi>s| memberi penilaian terhadap Imam Nasa>’>i>
sebagai berikut: Abu> Sa'id bin Yunus menyebutkan bahwa
al-Nasa>'i> adalah ima>m yang حافظ dan ثبت, Abu> 'Ali al-Naisabu>ry menilai bahwa
al-Nasa>'i> adalah salah seorang di antara imam bagi umat muslim dan
seorang Ima>m H}adi>s|, Al-Daruqut}ni> menilai bahwa al-Nasa>'i>
adalah seorang guru yang paling faqih di Mesir pada masanya dan paling
mengetahui h}adi>s\-h}adi>s\ dengan semua periwayatnya, al-Asqala>ni>
menyebutkan bahwa dia seorang hafiz dan penulis kitab sunan.[19]
B. Gambaran kitab Al
D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n
1. Judul Kitab
Kitab yang
penulis teliti berjudul Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n karya Al
Nasa>’i> yang ditah}qi>q oleh Markaz al Khudama>t wa al Ibh}a>s\
al S|aqafiyyah yang dipimpim oleh Kama>l Yu>suf al H{u>t. Diterbitkan pertama
kali di Libanon-Beirut, pada tahun 1405 H/1985 M oleh Muassasah al Kutu>b al
S|aqa>fiyyah.[20]
Peneliti tidak
menemukan alasan Al Nasa>’i> dalam memberi nama pada kitab ini. Namun
peneliti dapat memberikan penjelasan berdasarkan penelitian sendiri setelah
melihat kandungan dari kitab ini. Dengan judul kitab Al D{u‘afa>’ wa al
Matru>ki>n, maka penulis menilai bahwa alasan pemberian nama tersebut
karena kitab ini membahas tentang
perawi-perawi yang dinilai lemah (Du‘afa>’)[21] dan perawi-perawi yang
ditinggalkan hadisnya (Matru>ki>n)[22].
2. Karakteristik
Kitab
Kitab Al
D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n yang menjadi objek kajian dalam makalah
ini secara fisik dapat digambarkan sebagai berikut:
a.
Kitab ini terdiri dari 1 jilid
dengan jumlah halaman 308 sudah termasuk isi yang merupakan tambahan-tambahan
dari pen-Tah}qi>q.
b.
Kitab ini mencakup beberapa
pembahasan, yaitu:
1) Tambahan
dari pen-Tah}qi>q, diantaranya:
a)
Terdapat beberapa pembahasan pada
awal kitab, antara lain:
(1) Muqaddimah
pen-Tah}qi>q yang terdapat pada halaman 5.
(2) Penulisan
4 pasal sebelum isi yang terangkum dari halaman 7 hingga halaman 36.
(3) Biodata
pengarang yang tercantum pada pasal pertama.
(4) Penjelasan
tentang ilmu jarh} wa al ta‘di>l, t}abaqa>h al ruwa>h, Yang
terdapat pada pasal kedua.
(5) Dicantumkannya
kitab-kitab yang serupa dengan kitab ini, yang terdapat pada pasal ketiga.
(6) Penjelasan
tentang manhaj pen-Tah}qi>q yang terdapat pada pasal keempat.
(7) Penjelasan
tentang kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n.
(8) Dicantumkannya
manuskrip dari kitab asli pengarang.
b)
Keterangan-keterangan dari
muh}aqqiq terhadap rawi yang terdapat dalam kitab tersebut serta kelengkapan
kitab-kitab yang membahas tentang rawi tersebut pada bagian bawah kertas yang diantarai
dengan garis horizontal.
c)
Keterangan berupa jarh} rawi
yang terdapat pada bagian bawah kertas serta di antara jarh} yang
diberikan Al Nasa>’i> dengan penjelasan berupa footnote.
d)
Beberapa nama dari golongan yang
dianggap lemah dan ditinggalkan hadisnya.
e)
Keterangan berupa footnote tentang
nama-nama yang ditambahkan oleh pen-Tah}qi>q.
f)
Keterangan yang terdapat pada
akhir nama rawi yang menggunakan kuniyah bahwa itu adalah bagian akhir dari
kitab asli Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n, sebagaimana kalimat
berikut:
"آخر
كتاب الضعفاء و المتروكين من رواية الحسن بن رشيق العسكري عن النسائى"
g)
Dicantumkannya daftar pustaka.
h)
Dicantumkannya daftar isi.
2) Sedangkan
pembahasan aslinya memuat beberapa hal, yaitu:
a)
Muqaddimah penulis kitab Al
D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n.
b)
Nama-nama rawi yang termasuk
dalam golongan D{u‘afa>’ dan Matru>ki>n disertai dengan jarh}.
c)
Jumlah rawi yang terdapat dalam
kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n sebanyak 728, sudah
termasuk rawi yang menggunakan kuniyah.
C.
Metodologi Penulisan
Kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n
1. Cara
penyusunan kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n
a. Perhatikan
tabel berikut:
|
الباب
|
الاسم
|
الصفحة
|
عدد
|
|
ألألف
|
إبراهيم
|
39-44
|
19
|
|
أبان
|
44-45
|
3
|
|
|
أبي
|
45
|
1
|
|
|
أيوب
|
46-47
|
7
|
|
|
إسماعيل
|
48-52
|
15
|
|
|
إسحا
ق
|
52-54
|
7
|
|
|
أسامة
|
54-55
|
2
|
|
|
أسد
|
55
|
1
|
|
|
أسيد
|
55
|
1
|
|
|
أشعث
|
55-56
|
4
|
|
|
أوس
|
57
|
1
|
|
|
أزور
|
57
|
1
|
|
|
أغلب
|
57
|
1
|
|
|
الأحوص
|
57
|
1
|
|
|
أصبغ
|
58
|
2
|
|
|
أصرم
|
58-59
|
2
|
|
|
أحمد
|
59-60
|
5
|
|
|
الباء
|
باذام
|
61
|
1
|
|
بريد
|
61
|
1
|
|
|
براء
|
61-62
|
2
|
|
|
بشر
|
62
|
2
|
|
|
بشير
|
63
|
2
|
|
|
بشار
|
63
|
1
|
|
|
بكير
|
63
|
1
|
|
|
بحر
|
64
|
1
|
|
|
بكر
|
64-66
|
5
|
|
|
بريدة
|
66
|
1
|
|
|
بزيع
|
66
|
1
|
|
|
التاء
|
تليد
|
67
|
1
|
|
تمام
|
67
|
1
|
|
|
الثاء
|
ثابت
|
69
|
3
|
|
ثوير
|
69
|
1
|
|
|
الجيم
|
جلد
|
71
|
1
|
|
جابر
|
71
|
2
|
|
|
جارود
|
72
|
1
|
|
|
جبارة
|
72
|
1
|
|
|
جرير
|
72
|
1
|
|
|
جراح
|
73
|
1
|
|
|
جويبر
|
73
|
1
|
|
|
جميع
|
73
|
1
|
|
|
جميل
|
73
|
1
|
|
|
جسر
|
74
|
1
|
|
|
جعفر
|
74
|
3
|
|
|
جارية
|
75
|
1
|
|
|
جسر
|
75
|
1
|
|
|
الحاء
|
حارثة
|
77
|
1
|
|
حارث
|
77-79
|
6
|
|
|
حريث
|
79
|
1
|
|
|
حديج
|
79
|
1
|
|
|
الحكم
|
79-81
|
6
|
|
|
حكيم
|
81
|
2
|
|
|
حصين
|
82
|
2
|
|
|
حفص
|
82
|
3
|
|
|
حماد
|
83-84
|
4
|
|
|
حمزة
|
84
|
1
|
|
|
حمران
|
84
|
1
|
|
|
حميد
|
84-85
|
3
|
|
|
حسام
|
85
|
1
|
|
|
حسين
|
85-86
|
4
|
|
|
حسن
|
87-89
|
8
|
|
|
حشرج
|
89
|
1
|
|
|
حسان
|
89
|
1
|
|
|
حبيب
|
90
|
3
|
|
|
حيي
|
90
|
1
|
|
|
حبان
|
91
|
1
|
|
|
حنظلة
|
91
|
1
|
|
|
حامد
|
91
|
1
|
|
|
حنش
|
91
|
1
|
|
|
حبة
|
92
|
1
|
|
|
حجاج
|
92-93
|
4
|
|
|
الخاء
|
خالد
|
95-97
|
8
|
|
خارجة
|
97
|
1
|
|
|
خليد
|
97
|
1
|
|
|
خصيب
|
98
|
1
|
|
|
خصيف
|
98
|
1
|
|
|
خلبل
|
98
|
1
|
|
|
الدال
|
دجين
|
99
|
1
|
|
دينار
|
99
|
1
|
|
|
داود
|
99-100
|
4
|
|
|
دهشم
|
101
|
1
|
|
|
دلهم
|
101
|
1
|
|
|
درست
|
101
|
1
|
|
|
دراج
|
102
|
1
|
|
|
الذال
|
ليس
فيه شيئ
|
||
|
الراء
|
راشد
|
103
|
1
|
|
روح
|
103-104
|
5
|
|
|
رواد
|
104
|
1
|
|
|
رفدة
|
105
|
1
|
|
|
ربيع
|
105-106
|
5
|
|
|
رشيد
|
106
|
1
|
|
|
رشدين
|
106-107
|
2
|
|
|
ركين
|
107
|
2
|
|
|
ربيعة
|
107
|
1
|
|
|
رباح
|
108
|
2
|
|
|
رؤبة
|
108
|
1
|
|
|
الزاي
|
زكريا
|
109-110
|
4
|
|
زنفال
|
110
|
1
|
|
|
زافر
|
110
|
1
|
|
|
زبير
|
110
|
1
|
|
|
زيد
|
111
|
3
|
|
|
زهير
|
111-112
|
2
|
|
|
زائدة
|
112
|
1
|
|
|
زمعة
|
112
|
1
|
|
|
زيادة
|
113
|
1
|
|
|
زياد
|
113-114
|
6
|
|
|
السين
|
سالم
|
115-116
|
5
|
|
سلمي
|
116
|
1
|
|
|
سلم
|
116-117
|
3
|
|
|
سلام
|
117
|
2
|
|
|
سلمة
|
118-119
|
5
|
|
|
سليم
|
119
|
2
|
|
|
سليمان
|
119-122
|
11
|
|
|
سيوف
|
122-123
|
4
|
|
|
سوار
|
124
|
1
|
|
|
سويد
|
124
|
3
|
|
|
السري
|
125
|
1
|
|
|
سنان
|
125
|
2
|
|
|
سعيد
|
125-129
|
16
|
|
|
سعد
|
130
|
13
|
|
|
سهيل
|
130-131
|
2
|
|
|
سهل
|
131
|
1
|
|
|
سكين
|
131
|
1
|
|
|
سدير
|
131
|
1
|
|
|
سفيان
|
132
|
1
|
|
|
الشين
|
شرجيل
|
133
|
1
|
|
شعبة
|
133
|
1
|
|
|
شريك
|
133
|
1
|
|
|
شملة
|
134
|
1
|
|
|
شبيب
|
134
|
1
|
|
|
شهر
|
134
|
1
|
|
|
الصاد
|
صالح
|
135-137
|
8
|
|
صلت
|
137
|
1
|
|
|
صلة
|
137
|
1
|
|
|
صاعد
|
138
|
1
|
|
|
صدقة
|
138-139
|
3
|
|
|
صغدي
|
139
|
1
|
|
|
الضاد
|
ضرار
|
141
|
1
|
|
ضحاك
|
141-142
|
3
|
|
|
الطاء
|
طارق
|
143
|
1
|
|
طلحة
|
143-144
|
3
|
|
|
طريف
|
144
|
2
|
|
|
الظاء
|
ليس
فيه شيئ
|
||
|
العين
|
عبد
الله
|
145-155
|
32
|
|
عبيد
الله
|
155-156
|
5
|
|
|
عبد
|
156-170
|
50
|
|
|
عبيد
|
170-171
|
31
|
|
|
عبيدة
|
171
|
1
|
|
|
عباس
|
171
|
1
|
|
|
عباد
|
172-174
|
8
|
|
|
عتبة
|
174
|
1
|
|
|
عثمان
|
174-176
|
6
|
|
|
عيس
|
176-178
|
7
|
|
|
عنبسة
|
178
|
1
|
|
|
علي
|
178-180
|
6
|
|
|
علاء
|
180-181
|
3
|
|
|
عامر
|
181
|
1
|
|
|
عاصم
|
181-182
|
3
|
|
|
عدي
|
182
|
1
|
|
|
عويد
|
182
|
1
|
|
|
عقبة
|
183
|
1
|
|
|
عفير
|
183
|
1
|
|
|
عمرو
|
183-186
|
11
|
|
|
عمر
|
186-191
|
21
|
|
|
عمارة
|
192
|
1
|
|
|
عمران
|
192-193
|
3
|
|
|
عطاء
|
193
|
1
|
|
|
عطية
|
193
|
1
|
|
|
عكرمة
|
194
|
2
|
|
|
الغين
|
غالب
|
195
|
1
|
|
غياث
|
195
|
1
|
|
|
الفاء
|
فليح
|
197
|
1
|
|
فائد
|
197
|
1
|
|
|
فرات
|
197-198
|
2
|
|
|
فرقد
|
198
|
1
|
|
|
فرج
|
198
|
1
|
|
|
فضل
|
199
|
2
|
|
|
فضيل
|
199
|
1
|
|
|
القاف
|
قابوس
|
201
|
1
|
|
قاسم
|
201-202
|
3
|
|
|
قنان
|
202
|
1
|
|
|
قيس
|
202
|
1
|
|
|
قزعة
|
203
|
1
|
|
|
قطبة
|
203
|
1
|
|
|
الكاف
|
كدير
|
205
|
1
|
|
كوثر
|
205
|
1
|
|
|
كثير
|
205-207
|
6
|
|
|
كلثوم
|
207
|
1
|
|
|
اللام
|
ليث
|
209
|
1
|
|
الميم
|
محمد
|
211-223
|
42
|
|
مجالد
|
223
|
1
|
|
|
موسى
|
223-225
|
6
|
|
|
مروان
|
225
|
1
|
|
|
معلى
|
225-226
|
2
|
|
|
معاوية
|
226
|
1
|
|
|
مغيرة
|
226
|
1
|
|
|
مفضل
|
226
|
1
|
|
|
مهدي
|
227
|
1
|
|
|
مطرف
|
227
|
1
|
|
|
مطرح
|
227
|
1
|
|
|
مطر
|
227
|
1
|
|
|
مسلم
|
228
|
2
|
|
|
مسلمة
|
228
|
1
|
|
|
مسيب
|
228
|
1
|
|
|
مسور
|
229
|
1
|
|
|
منهال
|
229
|
1
|
|
|
مبارك
|
229
|
2
|
|
|
مثنى
|
230
|
1
|
|
|
منصور
|
230
|
1
|
|
|
مندل
|
230
|
1
|
|
|
منكدر
|
230
|
1
|
|
|
ميسرة
|
231
|
1
|
|
|
ميمون
|
231
|
1
|
|
|
ميناء
|
231
|
1
|
|
|
محرز
|
232
|
1
|
|
|
النون
|
ناصح
|
233
|
2
|
|
نعمان
|
233-234
|
2
|
|
|
نعيم
|
234
|
2
|
|
|
نجيح
|
235
|
1
|
|
|
نوح
|
235
|
1
|
|
|
نفيع
|
235
|
1
|
|
|
نوح
|
236
|
1
|
|
|
نصر
|
236
|
1
|
|
|
النضر
|
236-237
|
4
|
|
|
نهاس
|
237
|
1
|
|
|
نهشل
|
238
|
1
|
|
|
الواو
|
واصل
|
239
|
1
|
|
وازع
|
239
|
1
|
|
|
وليد
|
239-240
|
3
|
|
|
وهب
|
240
|
1
|
|
|
الهاء
|
هلال
|
241
|
2
|
|
هيشم
|
241-242
|
2
|
|
|
هذيل
|
242
|
1
|
|
|
هشام
|
242
|
2
|
|
|
هياج
|
243
|
1
|
|
|
هارون
|
243
|
1
|
|
|
لا
|
ليس
فيه شيئ
|
||
|
الياء
|
يعقوب
|
245
|
2
|
|
يوسف
|
246-247
|
4
|
|
|
يونس
|
247
|
3
|
|
|
يحيى
|
248-253
|
20
|
|
|
يزيد
|
253-256
|
10
|
|
|
ياسين
|
256
|
1
|
|
|
يمان
|
257
|
1
|
|
Keterangan tabel:
1)
Penulisan nama-nama rawi
berdasarkan huruf hijaiyyah.
2)
Nama rawi laki-laki dan
perempuan tidak dipisahkan dalam penyusunan.
3)
Terdapat tiga huruf yang padanya
tidak tercantum nama rawi yang termasuk dalam golongan d}u‘afa>’ wa al
matru>ki>n, yang kemudian diberi keterangan dengan; ليس فيه شيئ
4)
Terdapat 10 nama yang dilengkapi
oleh Mat}bu>‘. Nama-nama tersebut adalah:
(a) Ibra>him
bin Yu>suf bin Ish}a>q bin Abi> Ish{a>q.
(b) Usa>mah
bin Zai>d al Lai>syi>.
(c) Bah}ru
bin Marra>r bin ‘Abd al Rah}man ibn Abi> Nakirah.
(d) Bakr
bin ‘Abd al La>h bin al Syaru>di> S{un‘a>ni>.
(e) Hamma>d
bin Abi> H{umai>d al A‘raj.
(f) Di>na>r
abu> Sa‘i>d ‘Àqi>s}i>.
(g) Ziya>d
bin Al Munz\ir Abu> al Ja>rud.
(h) Ziya>d
bin ‘Abd al La>h al Bakka>’i>.
(i) Salamah
bin al Fad}l
(j) ‘Abba>d
bin Kas\i>r
Baki>r
5)
Terdapat 5 nama yang tercantum pada
kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n yang merupakan tambahan
dari Mat}bu>‘} Yang ditandai dengan keterangan berupa footnote. Adapun
nama-nama tersebut adalah:
(a) Isma>‘i>l
bin Ibra>hi>m bin Muha>jir.
(b) Azwar
bin Ga>lib.
(c) As}bag
bin Nuba>tah.
(d) Tamma>m
bin Naji>h}.
(e) H{a>ris}
bin ‘Abd al La>h al A‘war.
6)
Terdapat 37 nama yang
mendapatkan keterangan jarh} tambahan dari Mat}bu>‘}. Adapun
nama-nama tersebut adalah:
(a) Asy‘as\
bin Sa‘i>d al Sama>n.
(b) Ah}mad
bin ‘Abd al La>h al Ju>ba>ri> al Harwi>.
(c) Bakr
bin al Aswad.
(d) Kha>lid
bin al ‘Abd.
(e) Kha>lid
bin Mah}du>j.
(f) Da>wud
bin ‘Abd al Jabba>r.
(g) Rau>h}
bin Aslam Abu> H{a>tim.
(h) Zakariyya>
bin Manz\u>r.
(i) Zai>d
al ‘Amyu.
(j) Zai>d bin H{ibba>n al Raqi>.
(k) Salma
bin Sa>lim.
(l) Salamah
Tamma>m.
(m) Sulai>ma>n
bin Arqa>m
(n) Sulai>ma>n
bin ‘Amr al Nakh‘i>
(o) Sulai>ma>n
bin Sufya>n
(p) Sulai>ma>n
bin Yusai>r
(q) Sulai>ma>n
Abu> Ada>m
(r) Sulai>ma>n
bin Abu> Sulai>ma>n
(s) ‘Abd
al Lah bin Muslim bin Harmazah
(t) ‘Abd
al Lah bin Busyra Sya>mi>
(u) ‘Abd
al Rah}man bin Gasyi>l
(v) ‘Abd
al Rah}man bin S|a>bit bin S|au>ba>n
(w) ‘Abd
al Rah}man bin Ma>lik bin Magu>l
(x) ‘Abd
al Rah}man bin Abu> Bakar al Mali>ki>
(y) ‘Abd
al Wah}id bin Qai>s
(z) ‘Utbah}
bin Abu> H{aki>m
(aa)‘I<sa
bin Qirt}a>s
(bb)
‘Ali> bin ‘A<s}im
(cc)‘Ali>
bin al H{azawwar
(dd)
‘Amru> bin Jumai>‘
(ee)Muh}ammad
bin H{asan al S{un‘ani>
(ff) Mu>sa
bin ‘Ubai>dah
(gg)
Mu>sa bin Mut}ai>r
(hh)
Nu>h} bin abu> Maryam
b.
Bab tentang nama yang menggunakan
kuniyah diletakkan setelah nama-nama yang tidak menggunakan kuniyah dengan
metode penyusunan yang juga berdasarkan huruf hijaiyah dan tidak memisahkan
nama perempuan maupun laki-laki. Jumlah rawi yang ditulis dengan kuniyahnya
sebanyak 22.
c.
Lafaz\-lafaz\ yang digunakan
dalam memberikan keterangan jarh} pada nama-nama yang tercantum dalam
kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n ada 13, yaitu:
1)
ضعيف
2)
متروك الحديث
3)
ليس با لقوي
4)
منكر الحديث
5)
ليس بذاك القوي
6)
ليس بثقة
7)
ليس
به بأس
8)
مضطرب الحديث
9)
ليس بشيئ
10)
كذاب
11)
تغير
12)
لا يعجبني
حديثه
13)
يعرف و ينكر
2. Setelah
meneliti kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n, maka penulis
dapat mencantumkan 19 mas}a>dir yang digunakan oleh pen-tah}qiq dalam
kitab tersebut, yaitu:
a.
Ta>ri>kh Bagda>d
b.
Al Ta>ri>kh al S{agi>r
c.
Al Ta>ri>kh al Kabi>r
d.
Tadri>b al Ra>wi>
fi> Syarh} Taqri>b al Nawa>wi>
e.
Taqri>b al Tahz\i>b
f.
Al Taqyi>d wa al
I><d}a>h{ Syarh} Muqaddamah ibn al S{ala>h
g.
Tahz\i>b al Tahz\i>b
h.
Tahz\i>b al Kama>l fi>
Asma>’ al Rija>l
i.
Al Jarh} wa al Ta‘di>l
j.
Khula>s}ah Tahz\i>b
Tahz\i>b al Kama>l fi> asma>’ al Rija>l
k.
Fath} al Mugi>s\ bisyarh}
Alfiyah al H{adi>s\
l.
Al Ka>syif fi> Ma‘rifah man
lahu Riwa>yah fi> al Kutub al Sittah
m.
Kaysf al Z|unu>n
n.
Al Kuni> wa al Asma>’
o.
Lisa>n al Mi>z\a>n
p.
}Al Majruh}i>n min al
Muh}addis\i>n wa al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n
q.
Mu~~‘jam al Bulda>n
r.
Al Mugni> fi> al
D{u‘afa>’
s.
Mi>z\a>n al I‘tida>l
fi> Naqd al Rija>l
3. Penilaian
ulama terhadap kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n
Setelah
melakukan penelitian, peneliti tidak menemukan adanya pendapat yang memberikan
penilaian terhadap kitab Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n, namun
dalam kitab itu sendiri, peneliti menemukan riwayat dari Al-Nasa>’i> yang>
mengatakan bahwa beliau tidak memasukkan dalam kitabnya nama rawi kecuali semua
ahli rijal telah menilai bahwa hadisnya tertinggal.[23]
4. Kitab
Al D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n berdasarkan pengamatan penulis
termasuk kitab tara>jum yang memiliki keunggulan:
a. Kitab
tersebut membedakan bab yang menggunakan nama asli dan kuniyah, sehingga
dapat memudahkan dalam mencari nama rawi.
b. Mengkhusus
merangkum nama para rawi yang dinilai lemah dan tertinggal hadisnya.
c. Sebagian
besar disebutkan nama kampungnya sehingga bisa menghindarkan dari kesalahan
orang yang dimaksud ketika ingin merujuk sebuah nama pada kitab tersebut.
d. Menjelaskan
rawi yang sempat berubah sifatnya, misalnya karena mulai pikun. Seperti yang
tercantum pada halaman 45:
إبراهيم بن يزيد الخوزي: متروك الحديث,
مكي, كان ينزل شعب الخوز
Serta dengan
keterbatasan, yaitu:
a.
Tidak diberikannnya alasan
berupa penjelasan terhadap penilaian jarh} yang diberikan penulis
terhadap para rawi.
b.
Tidak membedakan nama laki-laki
dan perempuan, sehingga menghendaki pembaca untuk lebih teliti dan mencermati
saat mencari nama rawi.
BAB III
KESIMPULAN
1.
Nama lengkap pengarang kitab Al
D{u‘afa>’ wa al Matru>ki>n adalah Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, yang lahir
di Nasa’.
2.
Kitab Al D{u‘afa>’ wa al
Matru>ki>n karya Al Nasa>’i> ditah}qi>q oleh Markaz al Khudama>t
wa al Ibh}a>s\ al S|aqafiyyah yang dipimpim oleh Kama>l Yu>suf al
H{u>t. Diterbitkan pertama kali di Libanon-Beirut, pada tahun 1405 H/1985 M
oleh Muassasah al Kutu>b al S|aqa>fiyyah.
3.
Kitab Al D{u‘afa>’ wa al
Matru>ki>n disusun dalam bentuk mu‘jam. Penulisan nama-nama
rawi berdasarkan huruf hijaiyyah. Nama rawi laki-laki dan perempuan tidak
dipisahkan dalam penyusunan.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Arifuddin. Metodologi
Pemahaman Hadis. Makassar: Alauddin Press, 2013.
Danarta, Agung. Perempuan Periwayat Hadis.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Farid, Ah}mad. 60 Biografi Ulama
Salaf. Kairo: Da>r al Akidah, 2005.
H}usain, Abu Muhammad Mah}mu>d
Ibn Ah}mad Ibn Mu>sa Ibn Ah}mad Ibn. Maga>ni al-
Akhya>r. t.d.
Ismail, M. Syuhudi. Cara Praktis
Mencari Hadis. Jakarta: Bulan Bintang, 1999.
‘Itr, Nur al Din. Manhaj al Naqd
fi> ‘Ulu>m al H{adi>s\. Beirut: Da>r al Fikr, 1979.
Al-Jau>zi>, Jama>l al Di>n
abu> al Farj ‘Abd al Rah}man bin ‘Ali> Muh}ammad. Masyi>khah Ibn al
Jau>zi>. Beirut: Da>r al Garbi> al Islami>, 2006.
Khon, Abdul Majid. Ulumul Hadis. Jakarta:
Amzah, 2012.
Al-Khulka>n, Ibn. Wafaya>h al
A‘ya>n wa Anba>’ Abna>’ al Zama>n. t.d.
Al-Ma>liki>, ‘Ali> bin ‘Abd al
Sala>m bin ‘Ali> Abu> H{asan al Tusu>li>. Ajwabah al
Tusu>li> ‘an masa>’il al Ami>r ‘Abd al Qa>dir fi> al
Jiha>d. Beirut: Da>r al Garb al Islami>, 1996.
Al-Madani>, Yu>suf bin Muh}ammad
al Dakhi>l al Najdi> s\umm. Sua>la>t al Tirmiz\i> li al
Bukha>ri> H{aula Ah}a>di>s\ fi> Ja>mi‘ al Tirmiz\i>. Madi>nah
al Munawwarah: ‘Ama>dah al Bah}s\ al ‘Ilm bi al Ja>mi‘ah al Islamiyah,
2003.\
Al-Mara>kisyi, ‘Àbd al Wa>h}id
bin ‘Ali> al Tami>mi>. Al Mu‘jib fi> Talkhi>s} Akhba>r al
Magrib min Ladunn Fath} al Andalus ila> A>khiri As}ri al
Muwah}h}idi>n. Beirut: Al Maktabah al As}riyyah, 2006.
Al-Mizzi>,
Jamaluddi>n Abi al-Hajja>j Yusuf. Tahzi>b
al-Kama>l li al-Mizzi>.
Beirut:
Mu’assasah al-Risalah, 1406.
Mu>sa, Yusuf bin Ilya>n bin. Mu‘jam
al Mat}bu>‘a>h al ‘Arabiyyah wa al Ma‘rubah. Mas}ra: Mat}bu‘ah al
Sirki>s, 1928.
Al-Nasa>’i>, Abu> ‘Abd
al Rah}man Ah}mad bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri. al
D}u‘afa>’ wa al Matru>ki>n. Beirut: Muassasah al Kutu>b al
S|aqafiyyah, 114.
………….>, Abu> ‘Abd al Rah}man
Ah}mad bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri. ‘Amal al Yau>m
wa al Lai>lah. Beirut: Da>r al Kutub al Islamiyyah, 1408.
…………,-Nasa>’i>, Abu> ‘Abd
al-Rah}man Ah}mad bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri. Al Suna>n
al Kubra>. Beirut: Muassasah al Risa>lah, 2001.
Al-Nawawi>, Abu> Zakariyya Muh}yi
al Di>n Yah}ya bin Syarif. Al Az\ka>r li al Nawawi>. Jaffa>n
wa al Ija>bi>: Da>r Ibn H{azm li al T{aba>‘ah wa al Nasyr, 2004.
S{a>lah}, Abu> Amr Usman ibn ‘Abd
al Rah}man Ibn. Ulumul Hadis. Madinah: Maktabah al Ilmiyah, 1972.
Al-S{iddieqi>, Hasbi. Pokok-pokok
Ilmu Dira>yah Hadis. Jakarta: Bulan Bintang, 1987.
[1]Arifuddin Ahmad, Metodologi
Pemahaman Hadis, (Makassar: Alauddin Press, 2013), h. 1.
[2]Agung Danarta, Perempuan
Periwayat Hadis, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013), h. 67.
[3]Kata rawi dalam bahasa Arab
berasal dari kata riwa>yah yang berarti memindahkan dan menukilkan.
Lihat Abdul Majid Khon, Ulumul Hadis, (Jakarta: Amzah, 2012), h. 114.
[4]Jama>l al Di>n abu> al
Farj ‘Abd al Rah}man bin ‘Ali> Muh}ammad al Jau>zi>, Masyi>khah
Ibn al Jau>zi>, Jilid I (Cet. III; Beirut: Da>r al Garbi> al
Islami>, 2006), h. 127. Lihat Yu>suf bin Muh}ammad al Dakhi>l al
Najdi> s\umm al Madani>, Sua>la>t al Tirmiz\i> li al
Bukha>ri> H{aula Ah}a>di>s\ fi> Ja>mi‘ al Tirmiz\i>, (Madi>nah
al Munawwarah: ‘Ama>dah al Bah}s\ al ‘Ilm bi al Ja>mi‘ah al Islamiyah,
2003), h. 994.\
[5]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, al
D}u‘afa>’ wa al Matru>ki>n, (Beirut: Muassasah al Kutu>b al
S|aqafiyyah, 114), h. 7. Lihat ‘Àbd al Wa>h}id bin ‘Ali> al
Tami>mi> al Mara>kisyi, Al Mu‘jib fi> Talkhi>s} Akhba>r al
Magrib min Ladunn Fath} al Andalus ila> A>khiri As}ri al
Muwah}h}idi>n, (Beirut: Al Maktabah al As}riyyah, 2006), h. 203.
[6]M. Syuhudi Ismail, Cara
Praktis Mencari Hadis, (Cet. II; Jakarta: Bulan Bintang, 1999), h. 9.
[7]Ibn al Khulka>n, Wafaya>h
al A‘ya>n wa Anba>’ Abna>’ al Zama>n, Juz I, (t.d.), h.
23. Lihat Yusuf bin Ilya>n bin Mu>sa, Mu‘jam al Mat}bu>‘a>h al
‘Arabiyyah wa al Ma‘rubah, (Mas}ra: Mat}bu‘ah al Sirki>s, 1928), h.
1851.
[8]Ah}mad Farid, 60 Biografi
Ulama Salaf, (Cet. I; Kairo: Da>r al Akidah, 2005), h. 577.
[9]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, ‘Amal
al Yau>m wa al Lai>lah, (Beirut: Da>r al Kutub al Islamiyyah,
1408), h. 11.
[10]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, al
D}u‘afa>’ wa al Matru>ki>n, h. 8.
[11]‘Ali> bin ‘Abd al Sala>m
bin ‘Ali> Abu> H{asan al Tusu>li> al Ma>liki>, Ajwabah al
Tusu>li> ‘an masa>’il al Ami>r ‘Abd al Qa>dir fi> al
Jiha>d, (Beirut: Da>r al Garb al Islami>, 1996), h. 397. Lihat
Abu> Zakariyya Muh}yi al Di>n Yah}ya bin Syarif al Nawawi>, Al
Az\ka>r li al Nawawi>, (Jaffa>n wa al Ija>bi>: Da>r Ibn
H{azm li al T{aba>‘ah wa al Nasyr, 2004), h. 15.
[12]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, ‘Amal
al Yau>m wa al Lai>lah, h. 11.
[13]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, ‘Amal
al Yau>m wa al Lai>lah, h. 12.
[14] Jamaluddi>n Abi al-Hajja>j
Yusuf al-Mizzi>, Tahzi>b al-Kama>l li al-Mizzi>, jilid. I, (cet. IV; Beirut: Mu’assasah
al-Risalah, 1406 H/1985 M), h. 328-329.
[15]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, ‘Amal
al Yau>m wa al Lai>lah, h. 12.
[16]Abu> ‘Abd al-Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, Al Suna>n
al Kubra>, (Beirut: Muassasah al Risa>lah, 2001), h. 17.
[17]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, Al Suna>n
al Kubra>, h. 17-21.
[18]Abu Muhammad Mah}mu>d Ibn Ah}mad
Ibn Mu>sa Ibn Ah}mad Ibn H}usain, Maga>ni al- Akhya>r, Jilid I, (t.d.) h. 21
[20]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, al
D}u‘afa>’ wa al Matru>ki>n, h. 3-4.
[21]D{u‘afa>’ adalah isim fa‘il
dari d{a‘i>f yang menurut bahasa adalah lemah; lawan dari kuat. Dan menurut
istilah adalah hilang salah satu syaratnya dari dari syarat-syarat hadis yang
maqbul. Lihat Nur al Din Itr, Manhaj al Naqd fi> ‘Ulu>m al
H{adi>s\, (Beirut: Da>r al Fikr, 1979), h. 286. Lihat juga Abu>
Amr Usman ibn ‘Abd al Rah}man Ibnu S{a>lah}, Ulumul Hadis, (Madinah:
Maktabah al Ilmiyah, 1972), h. 37.
[22]Matru>ki>n adalah isim
fa‘il dari matruk yang berarti ditinggalkan; tidak dipedulikan. Lihat Hasbi al
S{iddieqi>, Pokok-pokok Ilmu Dira>yah Hadis, (Cet. VII; Jakarta:
Bulan Bintang, 1987), h. 262.
[23]Abu> ‘Abd al Rah}man Ah}mad
bin ‘Ali> bin Syu‘aib bin Suna>n bin Bah}ri al Nasa>’i>, al
D}u‘afa>’ wa al Matru>ki>n, h. 11.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar